Dalam suatu obrolan malam hari di angkringan sudut stasiun Tugu Yogyakarta beberapa tahun lalu, seorang teman yang baru saja ikut workshop kewirausahaan berujar kalau sekarang bisnis macam apapun harus aktif di social media, terutama twitter.

Sekarang, saya baru mengamini kebenaran celetukannya saat itu, segala macam bisnis tumpah ruah di twitter untuk menjadikan brandnya menempati posisi unik di benak setiap konsumen.

Sayangnya, di Bali, penggunaan twitter dan media sosial lainnya belum digunakan secara maksimal oleh pelaku usaha pariwisata. Beberapa bulan ini saya aktif mengamati web restoran, hotel, tour agent dan villa, kebanyakan dari mereka mencantumkan akun media sosial, namun keberadaannya antara hidup dan mati.

Kita sadar pangsa pasar pelancong mancanegara sudah lebih melek teknologi dalam mencari informasi, maka seharusnya di Bali pemasaran dengan media sosial, apalagi twitter bukan lagi pilihan, tapi keharusan.

Dengan banyak Public Relations, Marketing Manager dan Director of Sales yang mungkin lebih sering bermain dengan facebook, tentu butuh penyesuaian paradigma saat terjun ke twitter. “Kami tidak mendapat manfaat apa-apa di twitter, itu kenapa brand kami tidak aktif di sana”, adalah celetukan yang sering saya dengar dari teman-teman yang bekerja di bagian pemasaran hotel .

Saya tidak bisa menyalahkan mereka, meski saya melihat sendiri bagaimana kawan-kawan lain yang menggunakan web sebagai salah satu pemasaran bisnis, kebanjiran traffic dan pelanggan baru ketika aktif dan menggunakan cara-cara yang tepat di twitter.

Demikian juga web travellerkaskus.com yang saya kelola, salah satu sumber pengunjung terbesarnya adalah dari twitter yang sampai saat ini sudah memiliki 55.000 followers

Di kepala Anda langsung muncul pertanyaan: “ Terus bagaimana cara supaya dapat follower banyak? Dan bagaimana supaya brand bisa diterima orang-orang di twitter?”

Hal-hal tekhnis  akan saya bahas di tulisan selanjutnya, namun yang paling penting adalah Anda tahu alasan-alasan utama kenapa twitter adalah titik awal paling tepat untuk memulai keberadaan Anda di dunia maya. Apalagi kalau Anda punya anggaran pemasaran yang tidak besar.

Ini alasan-alasan kenapa setiap pelaku pariwisata harus aktif di Twitter

disesuaikan dan DIbahasakan kembali dari artikel milik Susanna Gebauer di thesocialms.com

 

ANDA BISA MENJANGKAU SEGALA MACAM SASARAN KONSUMEN DI TWITTER

Pada dasarnya hampir segala macam manusia juga organisasi bisa ditemui di twitter, semuanya dalam jangkauan untuk bisa terhubung dan berinteraksi. Jadi omong kosong Jika ada yang bilang tidak pakai twitter karena area bisnis mereka bukan di twitter, apalagi kalau bisnisnya dalam ranah pariwisata. Dengan riset dan berpikir lebih keras Anda akan menemukan sasaran konsumen yang diinginkan, baik yang aktual maupun potensial.

 

ANDA TIDAK PERLU KENAL DULU DENGAN SESEORANG UNTUK BISA TERHUBUNG

Saat di beberapa media sosial seperti Facebook, seseorang akan melihat tingkat hubungannya terlebih dahulu (teman, kerabat, temannya teman, keluarga) sebelum menerima permintaan Anda untuk bisa terhubung, di Twitter sah-sah saja untuk terhubung dengan orang-orang yang belum pernah bicara atau bertemu dengan Anda. Sebab Twitter tidak dimaksudkan sebagai hubungan dua arah tetapi berdasar atas “mengikuti’, ‘menggemari” daripada membangun pertemanan, Anda bisa follow (mengikuti) siapa saja yang ingin diikuti dan jika mereka menyukai Anda maka mereka pula akan balik mengikuti.

Tapi kan di Facebook juga kita bisa follow seseorang? Memang benar, tapi cara yang lazim untuk terhubung di facebook adalah dengan berteman.

 

ANDA BISA DENGAN BEBAS BERGABUNG DENGAN OBROLAN TANPA MENJADI PENGGANGGU

Twitter adalah tempat terbaik untuk berbicara dengan orang yang benar-benar asing. Anda bisa mencari obrolan tentang topik-topik menarik via pencarian kata kunci yang sederhana. Anda juga bisa melihat linimasa dan menanggapi tweets yang paling menarik. Pada umumnya, orang akan senang membalas tweet Anda –walau mungkin saja balasannya tidak seketika. Bahkan, jika tidak ada yang membalas tweet Anda, tidak akan ada yang memarahi Anda karena menyapa mereka baik-baik (Bisa saja sih terjadi, tapi jarang dan Anda bisa mengacuhkannya, sesederhana itu).

 

ANDA BISA MEMBANGUN BASIS PENGGEMAR TANPA PERLU MEMBAYAR

Masalah yang dihadapi banyak pelaku usaha saat mulai menggunakan media sosial adalah belum punya audiens. Bagi sebagian orang jalan keluarnya adalah dengan membayar (tentunya tidak murah) facebook ads untuk membangun basis penggemar. Sini saya kasih tahu satu rahasia: Di twitter Anda bisa membangun basis penggemar tanpa perlu membayar sepeserpun. Caranya sederhana, follow beberapa orang yang Anda ingin terhubung lalu sekian persen dari mereka akan dengan senang hati melakukan hal yang sama: mengikuti Anda.

 

TWITTER ADALAH TEMPAT SEMPURNA UNTUK MENYEBAR KONTEN

Banyak pelaku pariwisata coba membangun brand mereka. Mereka tidak punya banyak uang tapi mereka punya berjibun dokumentasi, ide dan pengalaman yang tentu saja sangat mungkin dijadikan konten visual. Ini adalah pra-kondisi yang tepat untuk pemasaran. Twitter dan konten adalah pasangan yang cocok. Khalayak twitter haus akan konten yang bagus dan konten butuh penonton. Anda bisa dengan mudahnya menggunakan konten-konten terbaik yang dimiliki untuk membangun basis penggemar di Twitter. Selanjutnya, penggemar Anda di Twitter akan membayarnya berkali lipat dengan traffic, memberi kontak atau penjualan dalam jangka panjang.

 

TWITTER BISA JADI TITIK AWAL UNTUK MENUMBUHKAN BASIS PENGGEMAR DI MEDIA SOSIAL LAINNYA

Saat Anda sudah paham dan sukses di twitter, Anda bisa memulai promosi silang dengan jejaring yang lain. Twitter adalah salah satu jaringan yang sangat menoleransi tujuan Anda untuk berpromosi, tentu jika Anda tetap membagikan konten yang hebat dan bernilai. Di Twitter Anda bisa sering-sering membagikan konten atau tweets, termasuk kiriman dari laman facebook dan akun pinterest –bisa juga kiriman silang, dari media sosial lain ke twitter atau sebaliknya—Selalu dengan asumsi apapun yang Anda lakukan di twitter benar-benar informatif atau membantu followers.

 

TIDAK MASALAH MEMBUAT KESALAHAN DI TWITTER

Setiap tweet berumur pendek dan Anda bisa tweet lain hal beberapa saat kemudian. Jika tidak ada yang klik link yang dibagikan? Tak usah dipikirkan, tweet lagi dengan tulisan yang lain, sesederhana itu. Dengan cara ini Anda belajar banyak tentang membuat judul yang bisa membuat orang meng-click setiap tautan. Cukup amati apa yang terjadi, coba beberapa hal dan lakukan apa yang terbukti paling berhasil.

 

ANDA BISA MENGGUNAKAN BASIS PENGGEMAR MEREKA YANG BERPENGARUH

Banyak pelaku bisnis mencari orang yang sudah memilki basis penggemar untuk membantu mereka berpromosi. Dengan konten dan pendekatan yang tepat, Anda dapat menggunakan basis penggemar mereka yang memilki cukup pengaruh di Twitter. Di media sosial lain seperti facebook, agak sulit untuk membuat orang-orang itu membagikan konten Anda, tapi di Twitter mereka malahan selalu mencari konten terbaik untuk dibagikan di twitter. Hal ini membuat mereka selalu terbuka untuk tweet atau retweet dan berbagi konten Anda pada audiens mereka.

 

ANDA BOLEH MENDEKATI PARA PEMENGARUH TANPA MEMBUAT MEREKA MERASA TERGANGGU

Di Twitter benar-benar sah untuk coba menyapa seseorang – jika ia tidak ingin menanggapi, ia hanya akan mengacuhkan Anda. Sepanjang Anda tidak berlebihan melakukannya, orang akan memaklumi (mungkin saja menyukai) usahamu untuk berkenalan – dan dengan pesan yang tepat di waktu yang tepat, mungkin saja orang-orang yang memiliki pengaruh ini akan dengan senang hati membalas.

 

ANDA BISA BEREKSPERIMEN DENGAN PESAN DAN KALIMAT YANG DISEBAR

Anda tidak hanya dibolehkan untuk sering-sering men-tweet bahkan memang mesti men-tweet sesering mungkin. Twitter adalah tempat yang paling tepat untuk mencoba eksperimen kata dan pesan terhadap respon basis penggemar Anda. Coba tweet pesan-pesan yang berbeda dalam subjek yang sama dalam jenis konten yang sama dengan kalimat yang berbeda, amati hasilnya dan pelajari. Yang tidak ada di jejaring sosial lain, Anda bisa dengan mudah latihan membuat pesan dan mendapat hasil yang hampir instan untuk tahu mana yang paling berhasil. Ini adalah kesempatan untuk memelajari audiens Anda.

 

ANDA BOLEH MENYEBARKAN KONTEN SESERING MUNGKIN

Saya sudah menyebutkan hal ini beberapa kali di poin-poin di atas. Tapi ini butuh penekanan lebih. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan mereka yang baru di Twitter adalah: MEREKA JARANG UP-DATE. Anda harus sangat aktif dan selalu berbagi konten yang bagus untuk berhasil di twitter. Biasanya satu tweet berumur pendek dan hanya menjangkau sebagian kecil followers tapi ini juga memberi kesempatan untuk berbagi lebih sering. Juga dengan Anda berbagi banyak konten menarik maka dengan mudah Anda juga bisa menggabungkan konten-konten dengan tweet mengenai diri dan produk Anda dan apapun yang ingin disampaikan ke audiens.

Nah, sudah tertarik berpromosi dengan twitter?

Atau Anda punya alasan lain kenapa harus berpromosi di twitter?

Beritahu kami apa yang sudah Anda lakukan untuk memasarkan bisnis Anda di social media di kolom komentar.